Memilih dan Menghitung Kapasitas Genset untuk Sebuah Event

Memilih dan Menghitung Kapasitas Genset untuk Sebuah Event

KataEmak.com Dalam menggelar sebuah event suplay listrik merupakan salah satu aspek yang wajib dipenuhi. Hal ini tak lepas dari tingginya penggunaan listrik dalam sebuah event.

Kebutuhan listrik yang tinggi tentu sulit untuk dicover oleh listrik dari PLN. Sebagai gambaran, dalam menggelar sebuah konser saja membutuhkan lebih dari 100 Kva. Ini bisa dilihat dari banyaknya alat musik, sound system dan penerangan pada event tersebut.

Melihat dari kasus diatas, tentu sudah dapat dipastikan genset merupakan sebuah solusi dalam memenuhi kebutuhan listrik. namun jangan asal sewa begitu saja, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

1. Tentukan Tujuan dan kapasitas yang dibutuhkan

Sebelum anda memutuskan menyewa sebuah genset ada baiknya anda tentukan terlebih dahulu tujuan penyewaan genset ini mau digunakan sebagai sumber listrik utama, cadangan atau dinyalakan selama event.

Hal ini perlu dilakukan mengingat genset memiliki 3 jenis yang berbeda yakni standby power, primer power serta continuous power.

Ketika anda hanya menggunakan genset sebagai persiapan jika listrik padam maka pilihlah genset jenis standby power, namun jika anda akan menggunakan genset sebagai sumber listrik utama maka genset primer power pilihan yang tepat.

Sementara itu, genset jenis continuous bisa anda pilih jika anda memutuskan genset harus menyala sepanjang event namun dengan beban sekitar 80% dari total beban.

Selain mengetahui tujuan pemakaian, anda juga harus mengklasifikasikan alat apa saja yang nantinya akan dijalankan menggunakan aliran listrik dari genset ini.

Hal ini perlu diperhatikan karena beberapa peralatan yang menggunakan dinamo (electro motor) perhitungannya berbeda. Mesin yang menggunakan dinamo membutuhkan tenaga listrik yang cukup besar di awal menyala.

Umumnya sebuah dinamo menggunakan sistem DOL (Direct On Line) untuk starternya, sehingga membutuhkan 3-4 kali dari total rate power dinamo itu sendiri.

Mudahnya adalah seperti ini, Pada sebuah dinamo yang memiliki rate power 50HP dengan spesifikasi 415 volt 3 phase membutuhkan daya sebesar 150Kva saat pertama kali menyala dan akan terus menurun hingga tinggal 50kva saja saat berjalan normal. Oleh karena itu setidaknya anda membutuhkan genset berkapasitas 175kva.

Sementara itu, Dinamo yang menggunakan starter delta sendiri memiliki penghitungan yang berbeda. Misal sebuah dinamo membutuhkan 76Kva untuk menyala dan 50Kva ketika berjalan, maka genset 88kva adalah pilihan yang paling sesuai.

2. Memilih vendor yang tepat

Saat ini mencari vendor yang menyewakan genset bukanlah hal yang sulit. Anda bisa mencari dengan mudah di Internet dengan beragam penawaran yang menarik.

meski begitu jangan mudah tergiur dengan harga yang lebih murah, selalu tanyakan secara detail mengenai kebutuhan anda. vendor yang bagus sudah seharusnya menyediakan jasa konsultasi untuk menemukan solusi kebutuhan anda.

Selain konsultasi pastikan juga kredibilitas vendor tersebut, semakin banyak yang memreferensikannya sudah pasti semakin bagus. Hindari vendor yang terdengar asing atau minim pembahasan baik dari web orang lain, sosial media atau media.

Salah satu vendor sewa genset di Jakarta yang cukup terkenal adalah Quality Technic. Mereka menyediakan bergam jenis dan kapasitas genset yang bisa anda pilih. Silahkan lihat pada laman https://www.qualitytechnic.com/sewa-genset.html untuk mengetahui lebih lanjut.