Kaya Manfaat, Begini Cara Membuat Masker Tepung Beras yang Benar

Kaya Manfaat, Begini Cara Membuat Masker Tepung Beras yang Benar

KataEmak.com Belakangan ini aneka jenis masker yang dibuat dari beragam jenis tepung sedang marak. Salah satu dari sekian jenis masker yang dibuat dari tepung yang terkenal adalah masker tepung beras. Saat ini sendiri sudah ada beragam review mengenai masker tepung beras ini.

Selama ini kita mungkin hanya tahu manfaat tepung beras sebagai olahan makanan. Padahal ada banyak sekali kandungan pada tepung beras yang berguna untuk perawatan wajah seperti misalnya asam amino, allantoin, vitamin B dan lainnya.

Manfaat masker tepung beras untuk kulit Wajah

Manfaat masker tepung beras untuk kulit Wajah

1. Mencerahkan wajah

Sejak dulu asam amino dikenal sebagai salah satu zat yang dapat membuat wajah terlihat cerah. Selain itu adanya kandungan tirosinase pada tepung beras juga dipercaya mampu memperlambat produksi melanin pada kulit. Sementara kandungan aminobenzoic acid berfungsi sebagai tabir surya.

2. Mencegah Jerawat

kandungan allantoin pada tepung beras berfungsi sebagai anti-inflamasi alias mengurangi radang yang disebabkan oleh jerawat. Bukan hanya itu saja allantoin sudah diverifikasi oleh Federal Drug Association (FDA) sebagai salah satu kandungan yang dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit, serta membantu proses regenerasi kulit.

Baca Juga:  5 Bahan Pelembab untuk Kulit Sensitif

3. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin yang ada pada tepung beras sangat berguna untuk mengatasi masalah penuaan dini pada kulit. Kandungan anti oksidan yang terdapat pada ferulic acid dapat mengencangkan kulit, menyamarkan kerutan halus pada wajah dan membantu dalam regenerasi sel-sel pada kulit.

4. Membantu menyamarkan kantung mata

Bagi sebagian wanita kantung mata yang bengkak (mata panda) tentu cukup mengganggu penampilan, terlebih ketika harus pergi keluar. Tapi tahukah kamu, kandungan asam amino dan aneka vitamin pada tepung beras ternyata dapat memberikan efek sejuk pada mata yang lelah dan membantu menyamarkan mata panda.

5. Menyamarkan flek hitam

Munculnya flek hitam pada wajah sebenarnya adlah salah satu hal yang cukup normal. Namun, jika tidak dicegah bisa menganggu penampilan. Salah satu penyebab munculnya flek hitam adalah tingginya produksi melanin pada kulit. Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya tirosinase yang ada pada tepung beras bisa membantu dalam mencegah produksi berlebih melanin.

Cara Membuat Masker dari Tepung Beras

Setelah mengetahui kandungan dan berbagai manfaat tepung beras untuk kulit. Pada tahap ini kita akan membagikan cara membuat masker tepung beras yang dikumpulkan dari berbagai tempat dan telah dicoba oleh banyak orang dan youtuber.

1. Masker Tepung Beras dan Jeruk Nipis

Masker Tepung Beras dan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk wajah, Hal ini dibuktikan banyaknya kosmetik yang menambahkan jeruk nipis sebagai salah satu bahannya. Kandungan alpha hydroxy acids (AHA) membantu proses pengangkatan sel kulit mati dan pengelupasan kulit. Bukan hanya itu saja jeruk nipis juga berguna mencegah pori-pori tersumbat.

Campuran tepung beras dan jeruk nipis ini sudah sering dipraktikkan oleh para youtuber dan influencer kecantikan. Selain bahannya yang mudah di dapat dan alami. manfaat masker tepung beras dan jeruk nipis untuk wajah ini memang cukup manjur.

Baca Juga:  7 Hal yang Harus Dilakukan dan Dilarang saat Merawat Pigmentasi Kulit

2. Masker Tepung Beras dan Susu Beruang

Masker Tepung Beras dan Susu Beruang

Sebenarnya tidak harus selalu menggunakan susu beruang, namun susu merk ini memang dikenal sebagai salah satu merk susu yang terkenal akan kemurniannya sehingga hasilnya pun lebih maksimal.

cara pembuatannya pun cukup mencampurkan keduanya hingga menjadi pasta dengan perbandingan 1 sendok makan tepung dengan 2 sendok susu beruang atau sampai dirasa tidak terlalu cair. Pasta inilah yang kemudian bisa dilumurkan pada wajah selama 15-30 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

3. Masker Tepung Beras dan Kunyit

Masker Tepung Beras dan Kunyit

Kunyit memang cukup populer dalam dunia kecantikan. Kandungan anti-oksidannya yang tinggi serta sifatnya yang anti-inflamasi membuat kunyit dikenal sebagai salah satu bahan kosmetik yang bagus untuk jerawat, mencerahkan kulit, anti-aging, serta pengangkat sel kulit mati yang efektif

Oleh karena itu manfaat masker tepung beras dan kunyit disebut-sebut dapat membantu mengatasi jerawat dan membuat wajah lebih cerah. komposisinya adalah 4 sendok makan tepung beras, 1 sendok bubuk kunyit serta tambahkan air atau perasan jeruk lemon secukupnya.

cara penggunaan masker ini dengan cara mengoleskan pada seluruh wajah sembari dipijat secara lembut dan melingkar agar masker lebih menyerap ke dalam pori-pori. Setelah dipijat biarkan terlebih dahulu selama 30 menit baru bilas menggunakan air dan rasakan kesegarannya.

4. Masker Tepung Beras dan Madu

Masker Tepung Beras dan Madu

sudah tak perlu diragukan lagi, madu memang menyimpan sejuta manfaat untuk tubuh baik dikonsumsi secara langsung atau digunakan sebagai masker. Paduan tepung beras dan madu sendiri bisa membuat wajah yang kusam menjadi cerah. Selain itu masker ini juga bisa berguna saat sedang berjerawat, mengingat madu juga berfungsi sebagai antiseptik.

Baca Juga:  4 Prinsip yang Harus Anda Patuhi saat Merawat Kulit Sensitif

Tips dalam menggunakan Masker Tepung Beras

Meskipun dibuat dari bahan alami bukan berarti kamu bisa menggunakan masker ini sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar masker yang anda pakai dapat bekerja maksimal.

1. Pilih Tepung Beras yang Berkualitas

Kamu mungkin bisa menemukan tepung beras dengan mudah di toko sekitar tempat tinggalmu, namun bukan berarti semua bisa langsung kamu gunakan. Pilihlah tepung beras yang memang sudah memiliki brand seperti misalnya tepung beras bolakeluarga yang diolah dari beras thailand pilihan. Kemasannya yang tebal dan dikemas secara higienis membantu menjaga kualitas tepung itu sendiri.

2. Kenali Kondisimu Sendiri

Mungkin ada ribuan orang diluar sana yang cocok ketika menggunakan masker ini, tetapi bukan berarti kamu juga cocok. Masalah yang paling sering muncul ketika kamu tidak cocok dengan masker ini maka akan terjadi iritasi dan peradangan. Segera hentikan pemakaian ini jika kamu mulai merasa tidak nyaman.

3. Gunakan Kuas

beberapa masker memang diperlukan proses pemijatan secara perlahan, namun jangan pernah remehkan fungsi dari kuas. Penggunaan kuas dapat membantu meratakan masker sehingga hasil yang didapat bisa lebih maksimal.

4. Air yang Bersih

Setelah pemakaian usahakan bilas dengan menggunakan air yang benar-benar bersih. Itulah alasan kenapa terkadang beberapa orang menyarankan untuk menggunakan air kemasan untuk membilasnya.

Nah, sekian pembahasan lengkap mengenai manfaat dan penggunaan masker tepung beras. tapi satu hal yang perlu diingat tetap kenali dirimu sendiri, karena pada akhirnya hanya kamu yang tahu dan merasakan manfaatnya.