Kenali Jenis dan Tipe Genset Sebelum Memutuskan Beli

Kenali Jenis dan Tipe Genset Sebelum Memutuskan Beli

KataEmak.com – Mati listrik memang menyebalkan, Bagaimana tidak akibat matinya listrik kadang mengacaukan banyak pekerjaan. Dikala itulah kehadiran genset sangat dibutuhkan. Genset memang mesin penghasil daya listrik yang cukup bisa dihandalkan baik di skala rumah tangga, kantor maupun industri sekalipun.

Pada dasarnya ada banyak sekali jenis genset yang bisa anda temukan di pasaran, namun sebelum memutuskan untuk membeli ada baiknya anda pahami terlebih dahulu beberapa info tentang dunia pegensetan ini:

Berdasarkan dari tipe genset dibagi menjadi 2 jenis yakni:

  • Genset Open

Genset open adalah genset salah satu tipe genset yang mana tidak dilengkapi dengan box casing. Pada penggunaannya genset open lebih sering digunakan pada bidang industri yang memiliki ruang khusus sebagai tempat menyimpan genset. Keuntungan dari genset tipe ini tak lain adalah masalah perawatannya. Dimana dengan kondisi mesin yang terbuka membuatnya lebih mudah dalam mengecek dan menjangkau bagian-bagian genset tanpa harus bongkar pasang.

  • Genset Silent

Sesuai namanya, Genset silent lebih mengutamakan suara mesin yang dihasilkan. Oleh karena itulah dibuatlah sebuah box khusus yang berguna untuk meredam suara. Namun sebenarnya selain sebagai peredam suara, box ini juga berguna untuk melindungi dari panas dan hujan.

Sebenarnya kedua tipe genset ini tak memiliki perbedaan yang berarti untuk masalah performa, namun soal harga memang cukup ada perbedaan. Harga genset silent biasanya lebih mahal tergantung dari bahan box dan peredam yang digunakan. Masalah lainnya adalah tentang penempatan. Genset silent bisa diletakkan baik indoor maupun outdoor karena memiliki box khusus, sedangkan genset open wajib diletakkan dalam sebuah ruangan khusus.

Setelah anda mengetahui perbedaan kedua jenis tipe genset diatas, ada baiknya anda juga mengetahui mengenai panel genset yang bisa anda pilih untuk anda gunakan. Jika dilihat berdasarkan panel yang digunakan ada 3 jenis panel genset yang sering digunakan yakni:

ATS (Automatic Transfer switch)
Mungkin sebagian dari anda pernah mendengar yang namanya genset otomatis, yakni sebutan untuk genset yang otomatis menyala ketika listrik PLN mati dan akan kembali menyalurkan beban dari genset ke PLN begitu nyala . Panel ATS itulah yang memiliki fungsi sebagai pengaturnya.

AMF (Automatic Main Failure)
Secara garis besar tidak ada perbedaan dengan panel ATS, namun memiliki sedikit perbedaan pada alur kerja. AMF panel akan membantu menyalakan genset dikala PLN mati dan kembali mematikan genset ketika PLN kembali nyala (setelah beberapa waktu cooling down).

ATS + AMF
Beberapa orang sengaja menggabungkan kedua panel ini, selain berguna untuk mempermudah dalam pengoperasian penggabungan keduanya juga bisa menjadi solusi baik dikala listrik mati atau juga mengurangi beban listrik PLN.

Genset berdasarkan bahan bakarnya sendiri juga dibagi menjadi 2 varian

1. Genset Bensin
Genset bensin bekerja dengan dukungan bensin sebagai bahan bakar utamanya. biasanya genset bensin berukuran antara 1.000-10.000 watt sehingga cocok untuk skala rumah tangga atau industri kecil.

kelebihan dari genset bensin adalah suara mesin yang lebih halus, performa horse powe yang lebih besar dan harga yang cenderung lebih murah.

2. Genset Diesel
genset jenis ini memiliki ukuran dan kapasitas yang lebih besar. Sistem kerjanya adalah dengan memanfaatkan udara yang dikompresi untuk pembakaran bakar solar. Genset diesel biasanya menggunakan 2 hingga 6 silinder bergantung merk.

keuntungan menggunakan genset diesel adalah torsi yang dihasilkan lebih besar, mesin tahan banting, bahan bakar lebih murah sehingga lebih efisien.

Berapakah Harga genset

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, mungkin anda bisa melihat jika harga dari sebuah genset dipengaruhi oleh banyak faktor baik dari segi jenis mesin atau juga spesifikasi yang ada pada dalamnya. berikut ini adalah beberapa contoh genset yang ada dipasaran:

Genset Yamaha Kapasitas Harga
Yamaha ET 950 220V Rp. 2.270.000
Yamaha EF 2600 220 v Rp. 5.760.000
Yamaha EF 2600FW 220 v Rp. 7.430.000
Yamaha EF 6600E 220 v 15.150.000

Jika anda memang merasa membutuhkan genset namun merasa berat untuk membelinya atau semisal anda hanya membutuhkan selama beberapa waktu saja. maka pilihan yang paling tepat adalah mencari jasa sewa genset murah  yang banyak beredar.