7 Hal yang Harus Dilakukan dan Dilarang saat Merawat Pigmentasi Kulit

7 hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat merawat pigmentasi kulit

KataEmak.com Pigmentasi kulit adalah munculnya bercak-bercak kulit yang gelap, menyebabkan Anda kehilangan kepercayaan diri. Berikut adalah 7 hal yang harus dan tidak boleh dilakukan untuk mengobati pigmentasi kulit efektif.

Siapa pun yang pernah mengalami kehamilan akan terkena retakan di kulit serta bercak coklat dan plak di wajah, terutama di dahi, pelipis, hidung jembatan dan bibir atas. Patch ini juga dikenal sebagai “bintik hitam“.

Namun, bukan hanya ibu hamil yang terkena masalah ini ini tetapi juga orang-orang yang menggunakan pil KB, terlalu banyak terpapar sinar matahari. Itulah faktor yang membuat melanosit (sel yang membuat keputusan warna kulit) bekerja berlebihan dan menghasilkan terlalu banyak warna, menyebabkan perubahan warna pada kulit.

Meskipun tidak ada obat yang dapat menyembuhkan kondisi ini, ada banyak perawatan lain untuk membantu meminimalkan munculnya luka bakar. Berikut ini 7 hal yang harus dan tidak boleh dilakukan saat merawat kulit:

Apa yang harus Anda lakukan untuk mengobati pigmentasi kulit?

  • Terapi triluma harus dipertimbangkan
Baca Juga:  Ini dia 6 Tips Menggunakan Celana Pendek yang Bisa Anda Coba

Ini telah lama dianggap sebagai solusi emas untuk pigmentasi kulit. Triluma adalah produk perawatan kulit topikal yang terdiri dari tiga bahan utama: hydroquinone yang mencerahkan kulit, retinoid mempercepat siklus penggantian kulit, dan kortikosteroid untuk mengurangi peradangan. Khususnya, faktor utama adalah hydroquinone bekerja dengan menghambat tyrosinase. Enzim ini memainkan peran penting dalam pembentukan pigmen melanin.

Menurut sebuah studi di St. Luke’s-Roosevelt di New York, sekitar 70% pasien menemukan kulit mereka meningkat hingga 75% dalam waktu 2 bulan setelah menggunakan Triluma.

Namun, efek dari produk ini memiliki titik minus, yaitu, pigmen perlahan akan kembali setelah Anda berhenti menggunakannya.

Khususnya, untuk pasien dengan kulit gelap, penggunaan hydroquinone jangka panjang dapat menyebabkan kulit lebih gelap atau perubahan warna permanen (protectosis). Jadi, dokter kulit sering memberi tahu pasien untuk mengambil Triluma selama 2 sampai 4 bulan untuk mengaburkan bintik-bintik, kemudian bergantian dengan obat-obat yang dijual bebas selama beberapa bulan ke depan.

Produk melasma yang baik biasanya mengandung asam kojic, komponen pencerah kulit oleh inhibitor tirosinase. Anda harus minum 2 kali sehari selama 2 hingga 3 bulan. Untuk hasil yang optimal, pilih untuk membeli produk yang mengandung bahan-bahan pencerah tambahan seperti arbutin atau vitamin C.

Baca Juga:  4 Prinsip yang Harus Anda Patuhi saat Merawat Kulit Sensitif

Jika Anda telah menggunakan produk perawatan kulit di atas dan masih tidak memperbaiki kondisi kulit, gunakan masker kimia setiap 1 hingga 2 bulan. Masker yang mengandung asam salisilat akan membantu memperbaiki kulit Anda yang terbaik tetapi membawa paling sedikit komplikasi. Namun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu untuk melihat apakah metode ini sesuai untuk kondisi kulit Anda.

  • Pertimbangkan opsi terapi laser

Memilih yang terbaik, teraman dan paling efektif untuk Anda adalah laser daya rendah. Namun, efeknya hanya terlihat setelah 4 hingga 6 perawatan. Untuk mengoptimalkan efektivitas pengobatan, dokter dapat menggabungkan terapi laser dengan terapi lain seperti terapi supercritical dan perawatan topikal seperti hydroquinone. Mekanisme dari metode ini adalah bahwa laser akan bertanggung jawab untuk membuat lubang mikro di kulit yang akan memfasilitasi penyerapan ke kulit.

  • Sebaiknya gunakan tabir surya

Sinar Ultraviolet (UV) dapat menyebabkan luka bakar pada kulit, jadi Anda harus mengoleskan tabir surya secara teratur apakah Anda keluar atau tidak. Alasannya adalah karena sinar UV tertentu bisa menembus jendela dan berdampak buruk pada kulit Anda. Jadi pilihlah tabir surya spektrum luas yang akan membantu Anda melawan sinar UVA dan UVB. Menurut American Academy of Dermatology, produk tabir surya fisik seperti zinc oxide atau titanium dioxide adalah produk tabir surya terbaik, jadi pastikan untuk mengetahui apakah produk Anda mengandung dua bahan ini. Juga, ingatlah untuk menerapkan krim setiap 3-4 jam, terutama ketika keluar di jalan.

Baca Juga:  6 Cara Memutihkan Kulit Belang Anda Secara Alami

Apa yang perlu Anda hindari jika Anda ingin pigmentasi kulit cepat menghilang

  • Jangan minum pil KB saat mengobati pigmentasi kulit

Hormon yang terkandung dalam pil KB dapat membuat banyak upaya terapi Anda sia-sia dan membuat gejala lebih buruk.

  • Jangan gunakan laser intensitas tinggi

Laser ini pasti akan membuat terbakar dengan menghancurkan sel-sel melanoma. Namun, mereka dapat menyebabkan hiperpigmentasi dengan mengaktifkan faktor-faktor yang mengiritasi melanosit, menyebabkan mereka meningkat, menyebabkan kelebihan beban.

Lesi kulit pada wanita tidak dapat disembuhkan, tetapi jika Anda menerapkan hal di atas, Anda dapat membatasi beberapa masalah pigmentasi pada kulit Anda.

IBX5996E8FD72E30