Apa Itu Mesin RO? Fungsi, Sistem Kerja dan Cara Perawatan

harga mesin air ro reserve osmosis

KataEmak.com – Pernahkah anda mendengar yang namanya air minuman demineral? Berbeda dengan air mineral pada umumnya yang didalamnya masih terdapat beberapa jenis mineral pada air demineral sudah bersih dari berbagai kandungan mineral. Air demineral bisa didapat dari proses reverse osmosis.

Proses Reverse osmosis atau yang lebih dikenal dengan sebutan osmosis terbalik adalah sebuah proses pemisahan air dengan berbagai molekul yang ada didalamnya dengan menggunakan sistem penyaringan menggunakan membran ro.

Kita ambil contoh menggunakan air laut yang dikenal mengandung garam dan sejumlah mineral lainnya didalamnya, dengan menggunakan mesin ro kita bisa membuat air tersebut menjadi air yang bersih dan tawar.

Kualitas air RO tidak bisa dianggap remeh karena bukan hanya kandungan logam berat, kontaminasi bakteri, bakteri dan parasit lainnya pun juga hilang. Selain itu air ro juga lebih sehat sehingga jika digunakan untuk mencuci sayuran dan buah tidak membuatnya cepat busuk karena bakteri yang pada air juga berkurang.

Bagi tubuh air ro ini juga memiliki manfaat sendiri, seperti misalnya untuk penderita penyakit ginjal dan penyakit lainnya yang disarankan untuk menghindari mineral dan logam berat yang bisa membebani kinerja ginjal mereka.

Kandungan mineral yang rendah bahkan bisa juga nihil membuat air mendekati murni sehingga sangat aman dikonsumsi.

Manfaat inilah yang akhirnya membuat banyak orang membeli mesin RO untuk mengatasi berbagai permasalahan air disekitarnya.

Tak hanya sebagai air minum saja, Air RO juga biasa digunakan untuk memenuhi kegiatan sehari-hari seperti memasak, mencuci bahkan komersil. bahkan tak sedikit pula yang membeli mesin ini untuk memulai usaha depot air atau industri lainnya.

Pemeliharaan Mesin RO

Seringkali orang membayangkan suatu mesin selalu ribet perawatannya, namun sebenarnya mesin ro tidak membutuhkan perawatan yang merepotkan. Salah satu hal yang paling penting dalam merawat mesin ini hanya pada bagian filternya saja. Pemakaian skala besar dan kualitas air baku yang kurang bagus tentu akan membuat mesin butuh perhatian ekstra.

Menjamurnya produsen mesin RO pun menjadi keuntungan tersendiri karena selain membuat harga mesin menjadi lebih murah, biaya perawatan pun juga bisa semakin ditekan mengingat banyak penjual yang memberikan layanan purna jual yang baik.

Biasanya ada 2 pilihan dalam perawatan rutin. Bisa dengan cara mengganti membran ro atau menggunakan sistem cleaning membran. Ketika anda merasa mesin sudah tidak bekerja maksimal, biasanya akan dilakukan checking pada kualitas air yang dihasilkan. Jika dirasa masih bisa diatasi dengan cara pencucian maka langkah pembersihan bisa dipilih tetapi jika terlalu parah maka terpaksa mengganti dengan yang baru.

Proses pembersihan membran RO sendiri biasa disebut dengan CIP (cleaning in place). Sesuai dengan namanya proses ini bisa dilakukan langsung di rumah anda sehingga tidak perlu repot melakukan bongkar pasang unit lagi.

Skema pembersihan ini dilakukan dengan cara pencucian untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pada membran menggunakan cairan khusus. Semakin tinggi kandungan silika dan kapur pada air baku maka akan membuat membran semakin cepat tersumbat.

Tips memilih mesin air siap minum RO class="graf graf--p" style="text-align: justify;">Sebelum anda memutuskan untuk membeli mesin RO ada baiknya anda pahami dulu kebutuhan dan kondisi air disekitar anda biar bisa lebih efisien. berikut ini beberapa hal yang bisa anda jadikan patokan

1. Jika anda ingin mengolah air yang kualitasnya kurang baik sehingga menjadi lebih baik mesin reverse osmosis memang bisa menjadi pilihan yang tepat, tetapi jika anda berada di pegunungan yang mana sumber air bakunya sudah cukup baik pilihlah mesin air mineral biasa.

2. Kapasitas mesin berbanding lurus dengan harga, semakin besar kapasitas air yang bisa diproses maka semakin mahal pula harganya. Jika anda hanya untuk perorangan, cukup membeli yang skala rumah tangga namun jika anda berencana membuka depot isi ulang maka anda bisa memilih yang lebih besar.

3. Uji terlebih dahulu kualitas air yang nantinya akan anda gunakan sebagai bahan baku agar bisa memutuskan seberapa penting mesin ini bagi anda. pengecekan kualitas air sendiri ada 3 cara yakni:

a. Fisika : parameter pengecekan yang dilakukan adalah dari segi rasa, bau, warna dan TDS pada air. Baiknya selalu bandingkan hasil sebelum dan sesudah menggunakan mesin ini untuk mengetahui tingkat efektivitasnya.

b. Kimia : parameter yang digunakan dalam pengecekan ini adalah melihat tingkat kandungan besi, arsen, mangan, PH dan lainnya.

c. Biologi : Bakteri yang paling sering ditemukan dalam air adalah E-coli, namun sebenarnya ada beberapa jenis bakteri lain yang biasanya ada pada air.

4. Memilih produsen yang tepat. Semakin banyak produsen yang ada membuat anda semakin bebas membandingkan dan memilih. Aspek yang perlu anda perhatikan adalah purna jual dan sparepart. jangan karena anda mengincar harga murah lalu kesulitan jika ingin service atau membeli sparepart. Salah satu distributor mesin air RO yang selama ini cukup dikenal dikalangan masyarakat tak lain adalah Hydro dan beberapa nama lainnya.